• Elisa Kristina

5 THINGS YOU SHOULD TRY WHEN YOU GO TO ITALY

Updated: Feb 15, 2019

Hello guys! 

Kali ini aku tulis blog dengan bahasa Indonesia ya, post kali ini khusus aku tulis untuk temen-temen Indonesia yang suka jalan-jalan ke luar negeri dan mungkin berencana untuk berlibur ke Italy.

Kebanyakan dari kita, orang Indonesia, kalau jalan-jalan ke luar negeri pasti bawa bekal dari Indonesia, dari yang bumbu instant sampai makanan instant yang tinggal dipanasin dengan microwave.


Alasannya karena kebanyakan orang Indonesia tidak puas kalau tidak makan nasi atau pedas. Nah kalau kalian berencana untuk liburan ke Italia, yuk sekali-kali puasa makan makanan Indo.


Kenapa begitu? Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan masakan Italy kan, dari yang pizza sampai pasta. Rugi juga jauh-jauh datang ke tempat asal makanannya tapi tidak mencoba rasa aslinya.


Ibaratnya kalau kita pergi ke Palembang tapi tidak mencoba pempek asli Palembang. 


Makanan Italy memang sudah terkenal sejak lama dan restoran Italy mudah ditemukan di berbagai negara. Tetapi biasanya rasanya sudah disesuaikan dengan lidah lokal dan bahkan menurut beberapa orang italy makanan tersebut bukanlah resep masakan mereka. 


Yuk kita cari tahu apa saja 5 hal yang harus dicoba ketika liburan ke Italy!

1. Aperitivo 


Aperitivo atau happy hour sebutan lainnya, biasanya mulai dari jam 18.00 - 22.00. Dengan hanya memesan 1 gelas minuman (alkohol/ non alkohol), kalian bisa mencicipi free buffet nya, all you can eat.

Makanannya mulai dari prosciutto, salame, keju, pasta, risotto, pizza, ayam, seafood, dll. Menunya banyak dan bermacam-macam. Untuk harga minuman pertama 10 -15€ dan minuman berikutnya biasanya lebih murah.


Orang Italy biasanya aperitivo sebelum makan malam, jadi aperitivo ini semacam ngemil plus mimican. Setelah itu mereka pindah ke restoran untuk makan malam. 


Tempat favoritku untuk aperitivo di Milan: 

  • Deseo (Tempat nongkrong milanese setelah pulang kantor)

  • Fonderie Milanesi (Tempatnya unik and tersembunyi)

  • Ciu's (Selain murah, makanannya juga beragam)


2. Coffee & Brioche


Sarapan pagi orang Italy memang beda dari yang lain, biasanya sarapan pasti makan makanan yang asin.


Tetapi sarapan mereka cukup dengan secangkir cappuccino atau 1 shot espresso dan brioche atau biskuit.


Mungkin terdengar aneh, kok makan manis pagi-pagi ya. 

Kalau kalian kesini cobain deh sarapan ala orang Italy, tinggal datang ke bar (sebutan untuk coffee shop mereka) dan pesan kopi beserta brioche.


PS: cobain coffee ginseng dan brioche dengan isi nutella. Dijamin, your breakfast will never be the same.


3. Pizza


Tahukah kalian pizza berasal dari Italy, lebih tepatnya kota Napoli yang berada di pusat Italy. Pizza yang autentik dari Napoli ini biasanya tipis dan pinggirannya renyah.

Untuk toppingnya hanya saus tomat dan mozzarella dengan sepucuk daun basil diatasnya, simpel tapi enak sekali!

Dan jangan pernah menambahkan makanan dengan saus sambal atau saus tomat di Italy ya, menurut mereka itu aneh dan tidak sopan. Jadi mending disimpan dulu keinginan untuk makan pedas.


Oh, jangan heran juga kalau setiap orang pesan 1 loyang pizza dan tidak berbagi! 


4. Gelato


Gelato atau ice cream yang sudah dinikmati sejak jaman Renaissance menurut majalah Italy magazine, dengan teksturnya yang super lumer di lidah dan kaya rasa, pasti tidak boleh dilewatkan.

Di Italy ketika musim panas, Gelateria, sebutan dari toko ice cream ini penuh dengan pembeli. Ada berbagai macam rasa gelato dari yang coklat, kacang-kacangan hingga buah-buahan.


Kalau kalian ingin mencoba selain rasa coklat, coba deh rasa Amarena yang berasal dari buat cherry, atau Nocciola yang rasanya seperti Nutella. 



5. Pasta



Di Italy pasta sudah jadi makanan sehari-hari, tetapi mungkin bagi kita orang Italy setiap hari hanya makan pizza dan pasta seperti halnya orang asing mengira kita (Indonesians) hanya makan nasi ayam setiap hari.


Sebenarnya masakan mereka juga bermacam-macam seperti masakan Indonesia. Pizza dan pasta atau nasi ayam setiap hari itu hanyalah stereotype.


Setiap daerah di Italy mempunyai masakan spesial masing-masing, jadi contohnya ketika kalian ke Roma cobalah Pasta Carbonara, kalau ke Bologna cobalah Pasta Bolognese, kalau ke Liguria cobalah Pasta Pesto, dll.


Jadi selain jalan-jalan kita juga mencicipi masakan asli dari daerah masing-masing. 



Ada banyak sekali yang harus kalian coba ketika berlibur di Italy, tetapi 5 hal ini yang tidak boleh dilewatkan jika hanya berkunjung 2-3 hari saja. Mengabadikan momen indah sudah tentu menjadi hal yang tidak boleh dilupakan.


Tetapi liburan bukan hanya untuk berfoto dan upload di sosial media saja, bukankah pengalaman yang kita rasakan selama liburan akan jauh lebih bermakna?

© 2019 by Elisa Kristina